Menuju Akreditasi Nilai A, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru FK Unpatti Mengacu Pada Aturan dan Quota

Seputarmaluku. com, Ambon.- Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Pattimura Ambon, DR. Dr. Bertha Jean Que, Sp.s, M.kes menyampaikan, seleksi penerimaan calon mahasiswa baru tahun 2019-2020 berpatokan pada quota penerimaan serta system seleksi yang sudah ada, sehingga jumlah calon mahasiswa yang resmi dinyatakan lolos seleksi tidak kurang dan tidak lebih dari jumlah quota.

Hal ini disampaikan kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis 18 Juli 2019. Dikatakan, jumlah quota penerimaan calon mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Unpati salah satunya mengacu pada jumlah tenaga Dosen serta tingkatan akreditasi.

“Memang jumlah quota penerimaan tidak bisa lebih dan kurang dari 150 orang karena itu sesuai dengan tingkatan akreditasi B yang saat ini disandang Fakultas Kadokteran Unpati. Selain itu, jumlah tenaga Dosen juga menjadi patokan. Selain itu, tingkat kelulusan ujian nasional juga turut mempengaruhi,” ungkap Dekan.

Dikatakan, untuk penerimaan calon mahasiswa baru kali ini semunya berjalan lancar, bahkan animo masyarakat masuk FK Unpatti sangat tinggi baik dari Maluku maupun luar Maluku, tetapi karena dibatasi quota. Seleksi dilakukan melaui tiga jalur dan sampai saat ini 2 tahapan seleksi nasional dan bersama sudah sampai tingkat pemeriksaan kesehatan, sedangkan seleksi mandiri baru sampai pada tes yang dilakukan 2 hari.

“Sistem tes seleksi juga dilakukan secara online, jadi calon mahasiswa juga tidak bisa langsung menetukan jurusan sesuka hati melainkan harus didasari pada jumlah nilai saat tes yang diperoleh baru bisa menentukan dia bisanya di jurusan apa,” jelas Jean.

Terkait kekurangan tenaga Dosen, Dekan mengakui itu ada pada dosen dengan mata kuliah Ilmu Dasar Kedokteran dimana ada dosen tamu yang dipakai dari luar, dan itu cukup menguras anggaran.

Untuk itu, menurut Dekan, menuju Akreditasi nilai A tahun 2021 nanti, sedang diupayakan untuk membenahi berbagai kekurangan baik dari sisi SDM dan ketersediaan sarana prasarana.

“Mudah mudahan, menuju akreditasi nilai A nanti, kita tengah melakukan upaya dan pembenahan baik dari sisi ketersediaan SDM maupun sarana prasarana pendukung, dan diharapkan tahu 2021 nanti hal itu sudah bisa tercapai dengan nilai akreditasi A untuk Fakultas Kedokteran Unpati,” paparnya.

Untuk diketahui, dua tahun belakangan ini, mutu kelulusan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon meningkat signifikan, ini dibuktikan dengan nilai kelulusan yang menembus standar nilai kelulusan nasional, sehingga kualitas dan mutu Fakultas Kedokteran Unpatti benar benar diperhitungkan untuk kalangan Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia. (SM003)

author