Jamin Keamanan Pelayanan, KPPN Masohi Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

Masohi,seputarmaluku.com- Upaya Kantor Pelayanan Perbendahraan Negara (KPPN) Masohi guna menerapkan Zona Integritas untuk mendapatkan Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) terus berjalan. Jika sebelumnya upaya sosialisasi hingga kegiatan Stake Holder’s Day sudah di lakukan beberapa pekan lalu. Kali ini, KPPN kembali menggelar simulasi tanggap darurat bencana kebakaran.

Sebagai bagian dari kegiatan penerapan zona integritas, dalam mewujudkan WBK dan WBBM kegiatan berjalan  Selasa (31/7) kemarin merupakan salah satu rangkaian upaya tersebut. Namun kegiatan itu, lebih di arahkan untuk memberikan jaminan keamanan atas pelayanan publik di KPPN Masohi, termasuk dalam menghadapi situasi darurat salah satunya, Kebarakan.

Simulasi yang di pusatkan dilingkungan Kantor KPPN Masohi itu di selenggarakan KPPN bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong PRaja-Bidang Pemadam Kabakaran (Satpol PP – Damkar) Kabupaten Malteng.

Kepada Awak media  Kepala KPPN Masohi, Rahmat Mulyono menjelaskan bahwa kegiatan simulasi penanggulangan kebakaran itu, memang sengaja di lakukan, untuk menjamin keamanan pelayanan KPPN kepada mitra dan Publik di Malteng ketika berada dalam situasi darurat.

“Ini memang rangkaian upaya penerapan Zona Integritas untuk mewujudkan WBK dan WBBM. Langkah simulasi penanganan kondisi darurat bencana kebakaran, adalah satu kegiatan yang harus kita lakukan untuk menjamin rasa aman dalam pelayanan kami. Jadi tidak hanya bentuk kegiatan layanan utama saja, namun hal seperti ini juga bagian dari kegiatan penting yang harus di lakukan”tandasnya.

Dia menjelaskan situasi darurat kadang mengakibatkan situasi pelayanan publik tidak aman, bahkan di pastikan tidak dapat berjalan. Olehnya kegiatan simulasi penanggulangan kebakaran adalah suatu langkah yang wajib dilakukan.

“Melalui simulasi ini, tentu kita akan memiliki pengetahuan dan keterampilan bagi segenap pegawai dan staf yang ada. Sehingga minimal mereka memiliki kemampuan mengelola situasi seperti itu sehingga  dapat tetap memberikan jaminan rasa aman dalam situasi situasi darurat salah satunya kebakaran” Cetusnya.

Pantauan media ini kegiatan itu berjalan lancar dan aman. Semua skenario dalam situasi kebakaran mulai dari kegiatan pemadaman api kecil, api besar, dan evakuasi korban berjalan lancar  sampai selesai. (SM-01).

author