Bupati Dukung Upaya Pemenuhan Azas Keterpaduan, Keakuratan dan Kemutakhiran Data Statistik

Masohi,seputarmaluku.com- Bupati Maluku Tengah menyampaikan dukungan positifnya terhadap kegiatan “Focus Discussion (FGD) Kabupaten Maluku Tengah Dalam Angka 2018″ Oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Maluku Tengah.

Menurut bupati kegiatan yang digelar di Gedung PKK Kota Masohi, Sabtu (14/7) ini sangat positif karena sejalan dengan semangat pemerintah dalam Mengupayakan pemenuhan azas keterpaduan, keakuratan dan kemutakhiran data dalam kegiatan statistik.  Baik statistik dasar, sektoral, maupun khusus dan dalam rangka perencanaan pembangunan Nasional pada umumnya.

“Data statistik yang dihasilkan senantiasa menjadi rujukan, pedoman dalam pemerintah untuk memformulasikan  kebijakan serta digunakan dalam merencanakan pembangunan, baik nasional. sektoral, maupun regional untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tandas Bupati dalam sambutannya.

Dikatakan, Tidak semua data yang dibutuhkan pemerintah dapat dihasilkan oleh BPS. BPS hanya menghasilkan data data statistik dasar.

Sementara Kementrian atau Lembaga bertanggungjawab menyelengarakan statistik sektoral untuk mendukung  penyelenggaraan tugas-tugas Pemerintah dan pembangunan yang merupakan tugas pokok kementrian dan lembaga dimaksud.

Yang jadi Permasalahan adalah  kerap terjadi publikasi data dengan hasil yang berbeda antara BPS dan Kementrian dan lembaga.

“Karena itulah perlu dilakukan mekanisme harmonisasi, konsistensi atau koherensi data tersebut agar sejalan atau searah,” sentilnya.

“Lebih tepatnya, dibutuhkan satu data (One Data) agar Pengguna data lebih yakin menggunakan data statistik resmi Pemerintah. Ona Data  dapat menjembatani kebutuhan data untuk perencanaan yang relevan,” tandas Bupati.

Kegiatan FGD” Kabupaten Maluku Tengah Dalam Angka 2018″ sejatinya merupakan  wadah komunikasi untuk mendiskusikan berbagai permasalahan dalam hal pengumpulan data sektoral yang terdapat dalam publikasi Kabupaten Maluku Tengah Dalam Angka 2018.

Bupati berharap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Instansi maupun Lembaga di Kabupaten Maluku Tengah dapat menyampaikan data sesuai jadwal yang telah ditentukan. Dan, data dimaksud  dapat disajikan dalam kegiatan saat itu. Harapannya, kegiatan  FGD saat itu dapat berjalan optimal. Dan, sasaran kegiatan dapat diwujudkan  (SM-01)

author