Tingginya Intensitas Curah Hujan Bupati Malteng Imbau Warga Yang Bermukim Didaerah Rawan Bencana Tetap Waspada

Masohi,seputarmaluku-  Warga diingatkan agar waspada terhadap kondisi alam yang belakangan mengalami perubahan  menyusul tingginya intensitas curah hujan. Apalagi yang bermukim pada lereng-lereng gunung atau daerah rawan bencana. Selain waspada, warga pun diminta jaga kebersihan sehingga tidak memicu  terjadinya bencana

“Kita nberharap bagi  warga yang bermukim di wilayah yang rawan agar lebih waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi,” ajak bupati, Selasa (2/6) di Masohi.
Bagi yang bermukim di lereng gunung sebisa mungkin menjauh dari daerah  yang berpotensi terjadi bencana. Terlebih lagi  warga yang bermukim di wilayah pegunungan  dan di bibir-bibir pantai tetap menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dari timbunan sampah yang dapat memicu banjir dan tanah longsor,” katanya.
Begitupun masyarakat di  Negeri Rutah Kecamatan Amahai yang masuk dalam kategori rawan bencana tanah longsor untuk sebisa mungkin tidak tinggal di rumah yang masuk dalam areal rawan saat  musim penghujan. Sebaliknya,  selalu  bekoordinasi dengan petugas penanggulangan bencana untuk memantau kondisi terkini.
“Tidak bisa diprediksi terjadi bencana. Untuk itu kita mestinya waspada sehingga tidak menimbulkan korban jiwa ketika bencana datang.,” serunya.
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah, Marzuki Latuconsina mengatakan telah menghadirkan   tim dari  Badan Geologi Nasional (BGN) ke lokasi bencana. Ini dilakukan agar kondisi faktual dan kemungkinan waktu dan ancaman bencana bisa diketahui.
Lebih dari itu,  hasil kajian tim dapat dijafikan landasan untuk memutuakan langkah yang akan diambil oleh pemerintah dalam penanganan  dan penanggulangan bencana di wilayah teraebut.
“Tim dari Badan Geologi Nasional sudah turun ke lokasi mereka sudah kembali untuk melakukan kajian terhadap hasil temuan di lapangan. Dari hasil kajian itu nantinya tim melahirkan rekomendasi yang akan dipakai untuk memutuskan langkah yang akan kita ambil,” terang  Latuconsina.(02-SP)

author