SMK Pamahanu Nusa Buka Prodi Kehutanan

Masohi, Seputarmaluku,-  Meski telah miliki Lima program keahlian, Namun  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pamahanu Nusa Masohi kembali membuka program keahlian baru sebut saja  Program Keahlian Kehutanan.  Program ini dibuka  atas kerjasama dengan SMK Manokwari dan bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Manusella. Tercatat, SMK Pamahanu Nusa merupakan satu-satunya sekolah di  Maluku yang membuka program Keahlian Kehutanan.

Dengan demikian, SMK Pamahanu nusa telah memiliki enam program keahlian. Yaitu : program keahlian Akomodasi Perhotelan, Usaha Perjalanan Wisata, Keperawatan, Farmasi, Teknik Otomotif, dan program keahlian Kehutanan.

“Sebelumnya program studi Kehutanan hanya ada di enam wilayah di Indonesia. Saat ini, program keahlian Kehutanan sudah dibuka di Maluku tepatnya di SMK Pamahanu Nusa,” tandas Kepala Sekolah SMK Pamahanu Nusa, Frans Ade Latuni.
Menurutnya, pembukaan program keahlian kehutanan termotivasi dari keinginan besar menjaga, melestarikan dan memanfaatkan potensi hutan di pulau Seram. Disisi yang lain, membina SDM Maluku secara untuk dapat memiliki keahlian di bidang kehutanan.

“Selama ini sekolah kehutanan hanya ada diluar Maluku. SDM dengan keahlian kehutanan mayoritas berasal dari luar Maluku padahal sumberdaya yang ada di pulau seram sangat mendukung berupa, objek taman Nasional Manusela dan potensi hutan. Kita juga punya program keahlian yang diharapkan dapat mendukung program keahlian Kehutanan yakni, Program Akomodiasi perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata,” ungkapnya.

“Program keahlian kehutanan yang akan dibina masih dua jurusan yakni konservasi hutan dan agrowisata,” tambah Latuny.

Latuny berharap, kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh lulusan SMP dan sederajat di wilayah Kabupaten Maluku Tengah dan Provinsi Maluku secara umum. Harapannya adalah bias lahir sumber daya yang siap pakai dalam menjaga, melestarikan dan memanfaatkan potensi hutan yang ada di Kabupaten Maluku Tengah. Terkhusus di Pulau Seram.
“Untuk Tenaga pengajar, kita bekerja sama sengan Balai Taman Nasional Manusela. Sesuai dengan moto ; Siap Kerja, Siap Kuliah dengan biaya sendiri. Kita komitmen mewujudkan SDM yang handal dan siap berkompetisi di dunia kerja maupun di jenjang pendidikan lebih tinggi, kita siap mewujudkan hal itu,” tutup Latuny. (SP-02)

author