Perindag Promal Gelar Pasar Murah Jelang Idul Fitri

Seputarmaluku.com, Ambon.- Pemerintah Daerah Provinsi Maluku menjelang Hari Raya Idul Fitri 1490 H, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar pasar murah bagi masyarakat yang ingin membeli kebutuhan sembako dengan harga terjangkau, yang mulai di dibuka Jumat (8/6).

Kepala Dinas Perindag Mauku, Elvis Pattiselano, pada kesempatan itu mengatakan, dasar dari pelaksanaan pasar murah ini adalah visi dan misi dari Gubernur dan Wakil Gubernur maluku tahun 2014 – 2019, dimana salah satu misi yang ingin dicapai adalah mewujudkan masyarakat maluku yang sejahtera.

“Misi ini dijabarkan dalam tiga program strategis yaitu, terpenuhnya kebutuhan dasar manusia dan standar pelayanan minimal, penguatan peningkatan ekonomi daerah serta pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan secara optimal potensi local.

Atas dasar pembangunan yang berbasis keunggulan spasial serta yang ketiga peningkatan peran sektor suasta dan penyediaan modal usaha yang didukung oleh pemerintah daerah,” ungkap Pattiselano.

Menurutnya, maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu memberikan kesempatan pada distributor untuk berbagi membantu pemerintah daerah maluku dengan menjual kebutuhan pokok kepada masyarakat dengan harga yang terjangkau.

“Ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat terutama yang akan merayakan Idul Fitri untuk memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

Tempat dan waktu pelaksanaan pasar murah kita buka dengan tiga sistim yakni secara stay, online dan mobile,” paparnya.

Dijelaskan, stay dilakukan di kantor Perindag sampai tiga hari ( jumat, sabtu dan senin), secara mobile di dua kecamatan yaitu kecamatan Leihitu dan Salahutu, tanggal 9 akan dilaksanakan pasar murah di kecamatan Leihitu yang akan dilaksanakan di beberapa titik mulai dari desa Hila, Mamala dan Morela. Sedangkan kecamatan Salahutu akan dilaksanakan pada tanggal 11 dengan sasaran kurang lebih empat desa.

Kegiatan pasar murah juga sudah berlangsung di beberapa kabupaten di Maluku, beberapa komuditi yang dijual di pasar murah ini kurang lebih 8 komuditi utama dan beberapa kebutuhan pokok lainnya.

Komuditi utama seperti telur ayam, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, susu kental manis, beras, mie instan dan beberapa kebutuhan pokok lainnya. Kemudian distributor yang berpartisipasi kurang lebih sepuluh yaitu UD Gema Rejeki, Karya Indah, Hypemart ACC, PT Padi Mas Prima, CV Makmur Abadi, CV Mitra Makmur Abadi, UD Bahagia, PT Bintang Sakti, PT Indofoot, dan Hypemart MCM. (SM02)

author