DPRD Malteng Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati

Masohi,seputarmaluku- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Maluku Tengah Jumat (9/7) menggelar  rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Maluku Tengah Akhir tahun 2016.rapat paripurna tersebut dipimpin Langsung Ketua DPRD Malteng Ibrahim Rohunussa.

Bupati Malteng, Tuasikal Abua dalam laporannya mengatakan, dalam pelaksanaan program dan kegiatan. Pembangunan tahun 2016 lebih.difokuskan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan Kesehatan.diakuinya, Kabupaten Maluku Tengah saat ini mendapat prestasi  sebagai Kabupaten  dengan Indeks pembangunan Manusia (IPM) tertinggi kedua  setelah Kota Ambon.

Torehan Prestasi yang diraih Pemkab Malteng saat ini  dinilai sangat baik dibandingkan Kabupaten dan Kota lain di Provinsi Maluku,”kata Bupati

.Alokasi belanja untuk urusan pendidikan dialokasikan pemkab malteng sebesar Rp. 53.56 Milyar sedangkan untuk.urusan kesehatan.dialokasikan sebesar Rp. 122.162 milyar. Sasaran belanja pendidikan lebih di fokuskan pada  peningkatkan  sarana dan prasarana pendidikan, mutu tenaga kependidikan dan kompetensi siswa, wajib belajar 9 tahun, management pelayanan pendidikan serta pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan.

Sementara pada bidang kesehatan alokasi lebih mengarah pada pembangunan dan pemeliharaan sarana dan prasarana,pengadaan obat dan perbekalan kesehatan. Peningkatan pelayanan rujukan pasien miskin, dan peningkatan kemitraan oelayanan kesehatan masyarakat, serta untuk peningkatan kapasitas tenaga kesehatan,” tuturnya..

Kualitas Pendidikan dan Kesehatan di Kabupaten Maluku Tengah saat ini mengalami perubahan yang cukup signifikan., dengan indeks pembangunban manusia pada tahun 2014,68,69 persen dan pada tahun 2015 terjadi peningkatan sebesar 68,85 persen,”jelasnya.

Tidak hanya pendidikan  dan kesehatan yang menjadi prioritas, namun masalah kemiskinan juga jadi skala prioritas Pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tengah, pasalnya, tingkat kemiskinan semakin tinggi. misalnya pada tahun 2014 sebesar   21,41 persen dan terjadi  peningkatan sebesar  22,10 di tahun 2015. Ditahun 2016 di targetkan mengalami penurunan hingga  18,09 persen,”katanya.(SP-02)

 

author