Disperindag Malteng Gelar Sosialisasi Perlindungan Konsumen

Masohi, seputarmaluku.- Perlindungan konsumen merupakan syarat mutlak guna mewujudkan perekonomian yang sehat melalui keseimbangan antara perlindungan konsumen dan pelaku usaha. Sebab melalui keberadaan dan keberdayaan perlindungan konsumen yang memadai, Indonesia mampu membangun kualitas manusia yang bermartabat, cerdas, sehat, inovatif dan produktif.

Demikian Dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Maluku Tengah, Katje Patiasina dalam sambutan tertulisnya saat membuka  kegiatan sosialisasi perlindungan konsumen  yang dilaksanakan Disperindag Provinsi Maluku di Masohi, Sabtu (17/6).

Dikatakan, masih sedikit konsumen yang memahami hak dan kewajibannya sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Itulah kenapa sosialisasi perlindungan konsumen digelar.

“Kondisi ini menimbulkan kerugian dipihak konsumen pada saat bertransaksi. Baik secara konvensional maupun online. Dibidang pembiayaan, tentang adanya penggunaan bahan berbahaya pada pangan maupun tentang pelayanan purnajual. Sebab, kosumen kerap terkecoh untuk memilih sesuai dengan apa yang dilihat atau diinginkan bukan yang dibutuhkan,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,pejabat eselon III dan IV lingkup Dinas Perindustrian dan Perdagangan Maluku Tengah, tokoh masyarakat, dan sejumlah elemen masyarakat Kabupaten Maluku Tengah. (SP-01)

 

 

 

 

 

 

 

author