Dalam Waktu Dekat DPRD Malteng Kunjungi Lokasi Transmigrasi

Masohi,seputarmaluku.- Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tengah Ibrahim Ruhunussa memastikan, dalam waktu dekat Komisi I, II dan Komisi III DPRD Malteng akan melakukan kunjungan ke lokasi transmigrasi Sariputi dan Kobimukti Kecamatan Seram Utara terkait masalah lahan usaha II seluas 590 hektar yang selama ini ditempati transmigran dari pulau Jawa sejak tahun 1996 yang saat ini dalam masalah sengketa dengan masyarakat adat.

Ruhunussa berjanji akan menginstruksikan masing-masing komisi di Kantor wakil rakyat itu untuk melakukan peninjauan dan pertemuan secara langsung dengan masyarakat adat maupun para transmigran serta PT. Nusa Ina Grup guna mencari soslusi penyelesaiannya yang tentu, sesuai tupoksi masing-masing komisi.

“Komisi harus meninjau langsung kondisi dan keadaan pada 2 lokasi transmigran sehubungan dengan kewenangan masing-masing baik menyangkut pembebasan lahan, keuangan maupun keadaan para transmigran,” akunya.

Ruhunussa menjelaskan, lahan II tersebut tidak secara langsung harus diambil alih oleh masyarakat adat. Namun harus dibicarakan bersama pemerintah daerah. Sebab, kewenangan penempatan masyarakat transmigrasi adalah tanggung jawab pemerintah daerah.

“Pasalnya, penetapan transmigran pada 2 lokasi tersebut merupakan kewenangan pemerintah, karena itu harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pemerintah,” jelasnya.

Dia mengingatkan, jika masyarakat adat memiliki persoalan terkait pembebasan lahan, harus dikoordinasikan dengan pemerintah daerah. Bukan sebaliknya mengintimidasi para transmigran.

“Jika memang sampai saat ini pembebasan lahan belum terselesaikan, maka DPRD akan mendorong Pemerintah Kabupaten Malteng untuk segera menyelesaikannya,” tegasnya.

Untuk diketahui, pemicu persoalan ini berdasarkan sebesar 500 Hektar lahan II milik 500 KK transmigran di Sariputi tersebut hingga kini belum terselesaikan pembebasan lahannya oleh pemerintah daerah. Sehingga masyarakat adat ingin menarik kembali hak ulayat mereka.

Sementara itu, 90 Hektar lahan II miliki transmigran di Kobimukti juga telah diambil alih dan ditanami kelapa sawit oleh PT. Nusa Ina Grup. (SP-02)

author