BKKBN Gelar Musyawarah Kampung KB dan Pelatihan Kader Posyandu di Kelurahan Kudamati

Seputarmaluku.com, Ambon.- BKKBN bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Ambon menggelar kegiatan Musyawarah Kampung KB dan Pelatihan Bagi Kader BKB dan Posyandu tingkat kelurahan Kudamati yang berlangsung Kamis 27 Juni 2019.

Dalam arahannya, Kepala Dinas DPPKB Kota Ambon, Welly Patty yang diwakili Sekertaris Dinas, Albert Haumasse menyampaikan, saat ini di Kota Ambon terdapat 16 Kampung KB, keberadaan Kampung KB di Kelurahan Kudamati ini sangat diperhatikan, bahkan Kampung KB di Kelurahan Kudamati dalam penilaian selama ini perkembangannya cukup baik dan memenuhi standar penilaian.

Untuk itu, kita akan fokus kedepan untuk lebih meningkatkan pertemuan baik dengan Pokja Kampung KB dan anggota dewan yang ada di sini untuk lebih meningkatkan pertemuan serta kegiatan agar dapat mewujudkan Kampung KB di Kudamati semakin maju kedepan.

Dirinya juga menyampaikan, kegiatan hari ini yang akan diisi oleh sejumlah materi dalam pelatihan Kader BKB dan Posyandu kiranya dapat meningkan kapasitas masing masing supaya kedepan dalam melakukan pelayanan benar benar efektif dan tidak keliru sehingga masyarakat dapat merasakan pelayanan yang sesuai.

Dalam kesempatan itu, turut hadir perwakilan dari Puskesmas Air Salobar juga sempat meyampaikan kalau ada niat dari pihak Pusekesmas Air Salobar bekerja sama dengan Dinas Kesehatan akan melakukan lomba Posyandu.

Untuk itu, lewat kegiatan ini, setiap kader Posyandu diminta untuk mengikuti dengan seksama setiap materi dalam pelatihan atau penyuluhan untuk mengikuti dengan serius supaya dapat meningkatkan kapasitas diri masing masing dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Usai acara pembukaan, kegiatan diisi oleh sosialisasi dan bimbingan konseling dari Dosen FKIP Unpatti, Prisca Diantra Sampe, S.Psi.MSI yang memberikan materi tentang pola berkomunikasi yang baik dan benar.

Sementara itu, Lurah Kudamati, Ricky Manuel pada kesempatan itu menyampaikan, dari pihak Kelurahan berniat untuk tetap menopang dan bekerjasama dalam rangka mendukung seluruh program Kampung KB di Kudamati juga bagi para Kader Posyandu.

“Dengan adanya dana kelurahan yang dikucurkan pemerintah kota ambon, pihak kelurahan akan berupaya untuk mengakomodir berbagai kebutuhan program masyarakat maupun kampung KB atau Kader Posyandu. Jika tahun ini ada yang tidak bisa terakomodir, jangan berkecil hati sebab akan kita penuhi di tahun anggaran berikutnya,” jelas Ricky.

Prioritas pemanfaatan dana kelurahan ini lebih mengarah pada hasil Musrenbang Kalurahan, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dapat dipakai menopang program kampung KB maupun kader Posyandu.

“Kalau ada program yang butuh dukungan kelurahan silahkan datang saja ke Kelurahan untuk kita diskusikan, jika anggaran memungkinkan maka tentu kita akan membantu,” ujar Lurah. (SM003)

author