Negeri Salamahu Salurkan BLT

77 views

Tehoru,Seputarmaluku.com-Negeri Salamahu Kecamatan Tehoru, Sabtu (16/5) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai kepada Keluarga (KK) terdampak Covid-19. BLT bersumber dari Dana Desa (DD) negeri tersebut. Negeri Salamahu adalah Negeri kedua terdahulu ang menyalurkan  BLT bagi warganya di Kecamatan Tehoru.

Kepala Pemerintah Negeri (KPN) Salamahu, Jonata Ilela menyebut, ada sebanyak 47 KK  yang memenuhi kriteri dan menerima   manfaat dana tunai sebesar Rp. 600 ribu saat itu.

“Sebanyak 47 KK yang menerima manfaaf BLT saat ini. adalah, KK yang terdampak covid-19 serta bukan penerima manfaat pada program PKH maupun program bantuan sosial lain,” ujarnya kepada seputarmaluku.com.

“BLT kita salurkan dalam bentuk uang tunai dengan Nominal Rp. 600 ribu ke KK. Saat ini, ada yang tidak sempat hadir untuk menerima BLT, Bantuannya akan kita salurkan langsung ke rumah mereka,” ikrarnya.

Istimewahnya, pembagian BLT saat itu dirangkai bersamaan dengan kegiatan penyemprotan disinfektan pada lokasi perumahan warga, tempat ibadah, dan lokasi fasilitas umum.

“Penyemprotan disinfektan merupakan program rutin setiap hari minggu. Betepatan dengan kegiatan pembagian BLT saat ini. petugas penyemprotan disinfektan adalah relawan covid-19 yang juga warga Salamahu,” ujarnya.

Sejatinya, menurut Ilela, Pembagian BLT Covid-19 sama pentingnya dengan kegiatan penyemprotan Disinfektan. dimana kedua program ini merupakan rangkaian dari upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 sekaligus penanganan dampak yang ditimbulkan.

“Prinsipnya adalah bagaimana memutus mata rantai penyebaran covid dengan cara memastikan tidak ada warga yang terinfeksi Covid-19 karena aktifitas sosial kemasyarakatan, maupun karena menurunnya imun tubuh lantaran tidak terjaminnya asupan makanan bergizi karena keterbatasan ekonomi,” jelasnya.

Penyaluran BLT saat itu dilakukan secara simbolis oleh Camat  Tehoru, Abd Latif Key dengan disaksikan oleh Kapolsek Ipda Rahmudin Padja dan Koramil Tehoru. Dalam arahannya sebelum menyalurkan BLTmengingatkan KK penerima manfaat BLT untuk tidak menyalahgunakan dana tersebut.

“Manfaatkan dana ini sebaik-baiknya untuk kebutuhan keluarga sebagaimana harapan pemerintah yakni meminimalisir dampak pandemi covid-19,” pesannya.

“Prioritaskan dana yang ada untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan pangan keluarga. Jangan gunakan untuk kepentingan yang lain selain itu” tekannya. (SM-PAI)

 

author