KPU Malteng Gelar Pleno Perhitungan Perolehan Suara

Masohi,seputarmaluku.com-  Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019 tingkat Kabupaten Maluku Tengah, resmi bergulir, Kamis (2/5). Diselenggarakan di Gedung Maeoku, Masohi, Rekapitulasi digelar dalam bentuk Rapat Pleno Terbuka itu diawali dengan Kecamatan Banda. Ketua KPU Malteng Abdusammad Ningkeula menjamin, pelaksanaan rekapitulasi bisa dituntaskan sesuai agenda dan jadwal tahapan rekapitulasi yakni, pada 7 mei mendatang.

“Target kita, tanggal 7 nanti, tahapan rekpitulasi sudah rampung,” tandas Ningkeula.

Diakui bahwa hingga tahapan rekapitulasi tingkat Kabupaten bergulir, tahapan yang sama di tingkat kecamatan belum seluruhnya rampung. Dipastikan bahwa hal itu tidak akan mempengaruhi proses rekapitulasi yang sementara berjalan di KPU.

” Hingga saat ini, masih tersisa 7 PPK yang belum menyelesaikan tahapan rekapitulasi. 11 PPK sudah tuntas dan, seluruh dokumennya sudah diterima KPU. Kondisi belum tuntasnya rekapitulasi di 7 PPK tidak mempengaruhi proses rekapitulasi tingkat KPU,” yakinnya.

Mengapa demikian ? Karena pentahapanbrekapitulasi di tingjat PPK sudah harus rampung pada 4 Mei mendatang. Sementara, Proses rekapitulasi di tingkat KPU terus berjalan.

“Sejumlah PPK saat ini sudah dalam tahap merampungkan proses rekapitulasi. Bukan cuma soal jadwal, persoalan yang ada di tingkat PPK pasti bisa terseleaiakan sesuai tahapan di tingkat Kabupaten,” ujarnya.

Meski demikian, Ningkeuka tetap berharap agar jajarannya di tingkat PPK dapat mendorong penyelesaian rekapitulasi secepatnya. “Kita sudah menginstruksikan jajaran PPK agar dapat mengoptimalkan waktu yang tersisa untuk merampungkan pentahapan rekapitulasinya masing-masing,” sebutnya.

“Kita mintakan agar persoalan yang substantif dapat ditindaklanjuti dengan dokumen DA2 agar proses rekapitulasi tidak berlarut-larut. Dokumen dimaksud kita pastikan akan diselesaikan saat rekapitulasi disini (KPU-red),” timpalnya.

Sekadar tahu, 7 dari 18 PPK yang belum merampungkan tahapan Rekapitulasi adalah, Kecamatan Leihitu, Salahutu, Kota Masohi, Kecamatan Amahai, Tehoru, Pulau Haruku, dan, Kecamatan Leihitu Barat. Sementara 11 Kecamatan yang sudah menyelesaikan tahapan rekapitulasi adalah, Kecamatan Teluk Elpaputih, Telutih, Nusa Laut, Seram Utara Timur Kobi dan Kecamatan Seram Utara timur Seti, Wahai, Seram Utara, TNS, Saparu, Saparua Timur, dan Kecamatan Nusalaut. (SM-01)

author