Pemda Bentuk Tim Percepatan Pengembangan Bandara Amahai

Masohi,seputarmaluku.com- Usaha menambah panjang landasan Pacu sekaligus Pengembangan Bandara Amahai secara menyeluruh terus dilakukan. Baik pemerintah Kabupaten Maluku Tengah maupun otoritas bandara Amahai sendiri terus mengupayakan langkah ke arah itu.

Kepala Bandara Amahai, Herry Sugianto kepada pers menyatakan, selain upaya koordinasi dengan dirjen perhubungan udara di Jakarta, semua peluang dimanfaatkan agar pengembangan bandara yang berpusat di Kecamatan Amahai ini dapat dodorong secepatnya.

Hal mana dilakukan demi meningkatkan pelayanan bandara sekaligus menjawab kebutuhan transportasi udara. Dari segi kualitas sekaligus Kuantitas. Dalam hal ini soal kapasitas penumpang yang mampu diberangkatkan dari, dan ke bandara Amahai.

“Kita tadi mengomunikasikan dengan oemerintah daerah terkait rencana kunjungan menteri perhubungan ke Kota Ambon. Harapannya, agar menteri bisa diminta kesediannya melihat langsung bandara Amahai,” ungkap Herry kepada pers di Kantor Bupati Maluku Tengah, Selasa (3/4).

“Melalui kunjungan ini diharapkan semua kepentingan pengembangan sarana dan prasarana bandara dapat dilihat langsung oleh bapak menteri. Dan, harapan kita, kebutuhan ini dapat dijawab menyikapi kondisi ril kebutuhan bandara Amahai,” tambahnya.

Dari komunikasi itu, Herry katakan, pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, dalam hal ini Bupati merespon positif perjuangan peningkatan sarana prasarana bandara Amahai. Terkhusus penambahan panjang landasan pacu demi menjamin kelancaran penerbangan dari dan kebandara amahai. Konkritnya, menjamin masuknya maskapai dengan daya jelajah yang lebih luas dan dkapasitas penumpang yang lebih banyak.

“Bupati telah membentuk tim percepatan penyelesaian lahan untuk mendorong percepatan penambahan panjang landasan pacu bandara Amahai,” ucap Herry.

“Besok, tim bentukan Pemda sudah ke Bandara Amahai dalam rangka itu,” katanya.

Dalam rencana kunjungan meteri, Bupati, kata Herry juga bersedia mengupayakan kedatangan menteri ke Bandara Amahai dalan kunjungan ke Kota Ambon Mei mendatang. “Ini sebagai bentuk komitmen pemkab Malteng memajukan daerah,”ungkapnya mengutip keseriusan bupati yang dikemukakan saat pertemuan dimaksud.

Sekadar tahu,  panjang landasan pacu bandara Amahai saat ini masih terbatas. Kondisi ini berdampak pada daya akses pengguna jasa transportasi udara serta dan jarak tempuh maskapai dari dan ke Bandara Amahai. jarak jelajah  penerbangan.

“Secara faktual, panjang landasan  pacu bandara amahai adalah 1050 m, meski  baru 800 m yang terverifikasi. Masih dibutuhkan tambahan panjang landasan pacu  mencapai minimal 1400 m agar dapat menjamin masuknya maskapai yang lebih besar dengan kapasitas angkutan yang lebih banyak dan jangkauan penerbangan yang lebih luas,” tandas Sugianto sebelumnya.

“Dengan panjang landasan pacu 1050, bandara amahai hanya  mampu menjamin penerbangan untuk maskapai jenis ATR-42 sejenis Trigana Air dengan kapasitas 49 penumpang saja. Bila  landasan pacu mencapai  1400 maka maskapai yang bisa dilayani adalah jenis   ATR-72 untuk maskapai milik Garuda Airlines,” jelasnya (SM-01)

author