Mei, BLT Dana Desa Cair

116 views

Masohi,seputarmaluku.com- Bupati Maluku Tengah sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19 Tuasikal Abua memastikan bahwa dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) sudah bisa disalurkan kepada keluarga penerima manfaat, Mei mendatang.

Waktu realisasi dana ini sedikit mengalami keterlambatan bila dibandingkan beberapa wilayah lain di Maluku. Menurut bupati, hal tersebut sifatnya administratif belaka. Yakni, soal falidasi nama-nama KK calon penerima manfaat.

“Sebagian  Negeri sudah melalui proses ferivikasi. Kita pastikan Mei mendatang, dananya sudah bisa dicairkan oleh Pemerintah Negeri kepada keluarga penerima manfaat,” kata Tuasikal menjawab Pers di Kantor Bupati sementara, Baileo Soekarno, Masohi, Selasa (28/4).

“Nama-nama calon penerima manfaat sudah dimasukan. Daftar nama-nama  ini akan kita verifikasi lebih dulu sebelum direalisasikan.  Verifikasi penting agar  tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan. Jadi yang sudah menerima manfaat melalui Program Keluarga Harapan (PKH) tidak diperkenankan menerima dana BLT Dana Desa,” jelasnya.

Tidak itu saja, Kata Tuasikal, Verifikasi  dilakukan untuk memastikan bahwa keluarga penerima manfaat adalah benar-benar keluarga yang terdampak Covid-19 sebagaimana tujuan dari Program Jaring Pengaman Sosial ini.

Sementara itu, terkait dengan dana BLT yang bersumber dari dana APBD, Bupati belum dapat memastikan waktu penyalurannya. Hanya saja, ditegaskan bahwa dana dimaksud tetap akan disalurkan kepada keluarga penerima manfaat.

“Sedang kita kalkulasi dananya,” katanya. (SM-02)

 

author