Kodim 1504/Ambon Asah Kemampuan Menembak Prajurit

Seputarmaluku.com, Ambon.- Komando Distrik Militer (Kodim) 1504/Ambon terus meningkatkan kemampuan prajuritnya. Salah satunya dengan melakukan Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbak Jatri) pada Triwulan I TA 2021 dengan menggunakan Senapan bertempat di lapangan tembak Yonif Raider 733/Masariku Kodam XVI/Pattimura, Kamis (8/4/2021).
Tujuan dari latihan menembak ini adalah untuk memelihara dan meningkatkan keterampilan menembak prajurit sekaligus mengasah naluri tempur para prajurit.
Adapun senjata yang digunakan dalam latihan tersebut, yakni senjata laras panjang jenis SS1 v1 dengan Koordinator Latihan Kapten Inf. Dede Ruhiat.
Program latihan menembak ini menjadi tolak ukur prajurit dalam menggunakan senjata agar selalu terlatih setiap saat, sehingga kemampuan anggota TNI selalu terpelihara dengan baik.
“Latihan menembak ini juga untuk mengetahui kemampuan dan untuk meningkatkan kemampuan prajurit TNI agar menjadi lebih baik lagi, etika dalam memegang senjata, menembak yang baik serta memelihara senjata juga diajarkan kepada prajurit”, kata Dede.
Sementara itu, Kasdim 1504/Ambon Letkol Inf. M. Fauth menambahkan, latihan menembak sangat penting bagi prajurit TNI, oleh karena itu, setiap tiga bulan sekali personel Kodim 1504/Ambon melakukan latihan.
“Kemampuan prajurit dalam menembak harus tetap terpelihara sehingga naluri tempur selalu terasah. Latihan ini merupakan program setiap triwulan”, ungkap Fauth
Dikatakan, latihan ini diikuti ratusan personel Kodim 1504/Ambon. Sebelum latihan, para prajurit diberikan arahan dan pembekalan. Menurutnya, seorang prajurit TNI AD harus jago tembak, jago perang, jago bela diri, dan memiliki fisik prima.
“Ada beberapa teknik menembak yang dilatihkan kepada prajurit TNI sesuai dengan jenis senjata organic masing-masing, dengan jarak tertentu, menembak ini adalah salah satu bekal bagi prajurit”, ujar Kasdim Ambon.

author