Kades Tumalehu Barat Apresiasi Giat Penyemprotan Disinfektan yang Dilakukan Bhabinkamtibmas dan Staf Desa

Ambontoday.com, Ambon.- Penyebaran Covid 19 ( Corona Virus ) di seantero Bumi memang cukup meresahkan dan menakutkan, sudah ratusan ribu nyawa melayang dan jutaan penduduk Bumi terpapar virus yang sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat membunuh virus tersebut.

Di Indonesia sendiri penyebaran virus Corona ini kian menjadi momok bagi pemerintah dan masyarakat yang berujung pada pembatasan seluruh aktivitas publik baik pemerintah maupun keagamaan dan sosial kemasyarakatan, untuk sementara dibatasi dan hanya dilakukan di rumah saja.

Provinsi Mauku yang juga sebagai salah satu Provinsi di Indonesia yang turut terpapar Covid 19 walau kini status positif Corona adalah 0,juga turut membatasi seluruh aktivitas public seperti yang dianjurkan pemerintah pusat.

Menindaklanjuti instruksi pemerintah Pusat, sejumlah kegiatan dilakukan untuk upaya pencegahan penyebaran virus Corona di berbagai daerah sampai pedesaan.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dan Pemerintah Desa Tumalehu Barat, Kecamatan Kepulauan Manipa, Kabupaten SBB melakukan giat dalam rangka pencegahan penyebaran Corona virus dengan cara melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke rumah rumah warga di Desa Tumalehu Barat pada Rabu 1 April 2020.

Kegiatan ini dipimpin langsung Bhabinkamtbmas Bripka Safrijal serta staf Desa masing masing, Taher Mahu (Kaur Perencanaan), Hasan Salisi (Kasi Umum), Irsandi Tiakoli (Kasi Pemerintah), Mahayadin Silawane (Kaur Kesra), Muhamad Tiakoli (Kaur Keuangan) dan Saleh Litiloli (Kemanan).

Kegiatan ini juga turut dibantu Kader Kesehatan Desa Tumalehu Barat masing masing, Sulifa Vical, Aim Mahulau dan Salia Salisi.

Menanggapi kegiatan tersebut, Pejabat Desa Tumalehu Barat, Yusnita Tiakoli kepada media menyampaikan, kegiatan giat yang dilakukan ini supaya masyarakat dapat memahami bahwa kesehatan itu sangat penting.

“Dengan adanya kasus virus korona ini masyarakat harus lebih intens dalam menjaga kesehatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Selain penyemprotan juga dilakukan upaya upaya dalam rangka memberikan kesadaran kepada masyarakat soal pola hidup sehat, seperti cuci tangan pakai sabun.

Jadi ada sembilan titik tempat cuci tangan yang disebar di dalam Desa Tumalehu Barat dimana diletakan ember berisi air dan sabun agar masyarakat terbiasa mencuci tangan dengan sabun sesudah dan sebelum melakukan aktifitas,” jelas Yusnita.

Dirinya turut mengapresiasi langkah dan kegiatan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas beserta staf pemerintah desa dan petugas Kader Kesehatan yang sudah turut membantu masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19 di Desa Tumalehu Barat dan Kecamatan Kepulauan Manipa. SM03

author