Cegah Penyebaran Covid-19, Ketua STIKIP Samaritan Malteng Himbau Masyarakat Patuh

Masohi,Seputarmaluku.com- Upaya Memprovokasi masyarakat tentang pentingnya meningkatkan peran serta dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Coronavirus 2019 (Covid-19) terus dilakukan.  Ketua STKIP Samaritan Maluku Tengah DR. David G Latumahina mengatakan, perjuangan memutus rantai penyebaran virus corona harus menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat.

Sebab, tanpa peran serta aktif masyarakat, konsep apapun yang diterapkan pemerintah dalam rangka pencegahan hingga penanganan covid-19 hanya akan menuai angin atau sia-sia.

“Ini tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat. Seluruh elemen masyarakat harus memainkan peran positifnya,” tandasnya.

“Semua orang berpotensi tertular dan menularkan virus Corona kepada orang lain.  Dengan kenyataan itulah, dibutuhkan peran serta masyarakat minimal dalam kaitannya dengan upaya besar pemerintah  memutus mata rantai penyebaran virus ini,” tukasnya.

Pertama, aktualisasi dari peran masyarakat adalah dengan membudayakan pola hidup sehat.  “Tentunya dengan tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Mencuci tangan dan selalu menjaga jarak serta melakukan pembatasan aktifitas sosial yang tidak terlalu penting diluar rumah,” sebutnya.

Khusus bagi Masyarakat yang merupakan pelaku perjalanan, diharapkan berperan aktif melalui cara, melaporkan diri kepada pemerintah di lokasi tujuan perjalanan agar dapat mengikuti prosedur karantina diri.

“Khusus kepada pelaku perjalanan dari wilayah yang terpapar virus Corona, Kesadaran untuk mengikuti karantina diri oleh pemerintah setempat sangat penting sebagai wujud ikhtiar menghindarkan diri, keluarga dan masyarakat lainnya dari virus corona yang mungkin saja dibawa selama dalam perjalanan,” sebutnya.

Selain menaati aturan yang ditetapkan pemerintah, peran positif masyarakat dengan cara ikut menyosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan dan mengikuti seluruh himbauan dan arahan pemerintah sebagai bentuk kepedulian memutus tantai penyebatan virus corona.

“Agar pada gilirannya, gerakan antisipasi penyebaran virus corona dapat dilakukan secara bersama-sama oleh semua elemen masyarakat,”

“Ayo Masohi (Gotong royong) cegah penyebaran virus corona. Hindarkan diri dan keluarga dari virus mematikan ini ,” ajak pendiri SMA Kristen Kejuruan Maluku Tengah ini kemarin. (SM-02)

 

author