Cegah Corona Masuk Tehoru, Camat Instruksikan KPN Bertindak Tegas

Tehoru,Seputarmaluku.com- Camat Tehoru Abdul Latif Key mengistruksikan Seluruh Jajaran Kepala Pemerintah Negeri (KPN) di wilayahnya bertindak tegas dalam upaya mengantiispasi masuknya virus Corona ke wilayah Kecamatan Tehoru. Seluruh KPN diinstruksikan untuk tidak segan -segan mengkoordinasikan pengamanan terhadap warga yang tidak patuh terhadap ketentuan yang ditetapkan gugus tugas Covid-19 dengan aparat TNI/Polri.

Ketegasan ini diutarakan menyikapi makin meningkatnya jumlah pasien poaitif corona di Maluku. sekaligus mengantiispasi ledakan arus mudik warga ke Kecamatan Tehoru.

“KPN kita instruksikan untuk berkoordinasi dengan aparat keamanan guna menangani warga yang tidak patuh terhadap himbauan tim gugus tugas Covid-19,” katanya kepada media ini Minggu  (12/4).

Instruksi ini lebih ditekankan bagi pelaku perjalanan yang tergolong Orang Dalam Pemantauan atau ODP.

“Bagi mereka yang sengaja masuk tanpa melalui prosedur pemeriksaan terlebih dahulu guna mengjindari proses karantina, harus diamankan untuk dikarantina. Kalau perlu, setelah proses karantina, langsung diamankan. ditahan untuk menjalani proses hukum,” ulasnya.

Hal ini dikatakan, dilakukan untuk memberikan efek jera. Sebab, katanya, ketidak patuhan warga terhadap prosedur pencegahan dan prnanganan covid-19 dapat “mencelakai” banyak orang.

“Tehoru saat ini belum tertular Virus corona. kondisi ini harus terus dijaga agar tidak ada warga yang terinveksi. Sebab, satu saja ODP lolos dari pengawasan, maka akan berdampak pada orang lain,” serunya.

Sehubungan dengan itu, Camat berharap, semua elemen masyarakat dapat berpartisipasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Termasuk, Keluarga pelaku Perjalanan.

“Pemeriksaan kesehatan hingga karantina diri yang kita lakukan adalah demi kepentingan bersama. Sayangi keluarga dan masyarakat lainnya, berarti, harus berpartisipasi dalam upaya  memutus mata rantai penyebaran virus korona,” imbuhnya. (PAI)

author