86 Siswa di Serut Barat Ikut UNBK

No comment 201 views

Serut Barat, FT.- Sebanyak 86 Siswa yang tersebar di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kecamatan Seram Utara Barat (Serut Barat), Kabupaten Maluku Tengah mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer UNBK dengan lancar dan tertib.

“Kita memastikan  pelaksanaan UNBK ini akan berjalan lancar tanpa ada hambatan apapun. Mengingat berbagai persiapan telah dilakukan,”ungkap Ketua Panitia pelaksanaan UNBK UPT Pendidikan Kecamatan Seram Utara Barat, Munajib Salaputa,S.Pd disela-sela pelaksanaan UNBK, Senin (1/4/2019).

Meskipun keterbatasan fasilitas dan sarana prasarana penunjang, namun pelaksanaan UNBK dapat berjalan sesuai harapan, dimana dalam pelaksanaannnya di bagi dalam tiga sesi.

Dikatakannya, sejauh ini pemantapan telah dilakukan pihak sekolah terhadap siswa untuk menghadapi ujian sekolah maupun ujian nasional, salah satunya dengan melakukan les pemantapan yang prosesnya dilakukan diluar jam efektif sekolah.

Kemudian, menjelang pelaksanaan USBN dilakukan simulasi berbasis komputer sebanyak dua kali. Sementara untuk UNBK telah dilakukan pemantapan dengan simulasi berbasis computer, jelas Munajib.

Lebih lanjut dikatakan, persiapan dan tahapan-tahapan tersebut bertujuan untuk lebih memaksimalkan dan memantapkan siswa dalam mengikuti USBN-BK dan UNBK nantinya, mengingat secara nasional secara khusus di provinsi seluruh jenjang SMA/MA dan SMK diwajibkan melaksanakan ujian, baik ujian sekolah USBN dan Ujian Nasional UN harus BK/berbasis komputer, maka persiapan dan tahapan  tersebut di atas harus dilaksanakan, paparnya.

Dirinya berharap edepannya ada perhatian dari Dinas Pendidikan Provinsi Maluku dalam menjawab segala kebutuhan sarana prasarana penunjang computer sehingga di waktu mendatang pihak sekolah tidak kewalahan dalam dalam melaksanakan UNBK.

Karena untuk pelaksanaan ujian berbasis komputer ini dapat berjalan dengan lancar maka dana BOSNAS digunakan pihak sekolah untuk menyediakan fasilitas penunjang, diantaranya kapasitas ruangan yang relevan dan nyaman bagi peserta dan juga kelengkapan komputer dan internet agar terhububg dengan server pusat di Jakarta.

Dan dalam persiapan ujian, pihak sekolahpun masih terbatas dengan angggaran yang ada maka pihak komite sekolahpun melalui swadaya komite sendiri memberikan bantuan 4 buah laptop kepada pihak skolah, dan yang sisanya inisiatif Kepala Sekolah dan panitia meminjam laptop milik guru dan siswa untuk dapat melengkapi kekurangan kekurangan yang ada, sehingga terpenuhi kebutuhan 30 unit laptop dalam 1 ruang UNBK yang akan dibagi menjadi 3 sesi dalam pelaksanaan UNBK sehingga seluruh peserta 86 orang dapat mengikuti ujian dengan lancar.Dia berharap, para seluruh siswa yang mengikuti UNBK itu dapat lulus semuannya. (FT-05)

author