Rapat Evaluasi Program Kerja Tahunan, Camat Tehoru Ajak KPN Kembangkan Kopi Tuni

Tehoru,Seputarmaluku.com- Rapat tahunan dalam lingkup pemerintah Kecamatan Tehoru yang digelar di Balai Desa Hatumete, dihadiri oleh 10 Pemerintah Negeri di wilayah di wilayah administrasi Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah. Rapat tahunan ini digelar guna mengevaluasi serta merencanakan program program kerja kedepan guna kemajuan Kecamatan Tehoru, Sabtu (6/3/2021).

Pada kesempatan itu, Camat Tehoru, Abdul Latif Key, S.Sos, menyampaikan, Rapat ini sudah sering dilakukan setiap tahun, bahkan hampir tiap bulan. Tujuannya untuk merencanakan pembangunan Kecamatan Tehoru yang lebih baik kedepan.
Camat mengatakan, dalam rapat itu sudah disepakati bersama untuk pengembangan produk lokal berupa Kopi tuni.

“Kita sudah sepakat untuk peningkatan produk lokal berupa Kopi Tuni yang merupakan produk unggulan lokal. Kopi Tuni ini ada dua varian rasa, untuk rasa cokelat itu ada di Desa Jaya, sedangkan rasa Pala ada di Desa Mosso,” ungkap Latif.

Kopi merupakan salah satu produk unggulan yang sudah mendunia. Produk Kopi ini ada berbagai jenis dan rasa berasal dari berbagai belahan dunia.
Karena itu, Kopi Tuni yang merupakan salah satu jenis Kopi produk asli lokal di Tehoru dengan cita rasa yang khas perlu dikembangkan produksinya kedepan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat Tehoru.

“Mengenai pengembangan Kopi Tuni ini tahun kemarin itu sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, namun dalam perjalanannya terkendala minimnya peralatan produksi serta masalah pemasaran, sehingga diperlukan dukungan pemerintah daerah,” paparnya.

Sehubungan dengan itu, Ketua Latu Paty Kecamatan Tehoru, Bernard Lilihata, mengatakan, masyarakat Tehoru harus bangga karena memiliki Kopi lokal dengan dua varian rasa.

Dikatakan, keberadaan Kopi Tuni di Tehoru tumbuh subur. Untuk pengembangan produksi kedepan tentu masyarakat sangat membutuhkan perhatian Pemda Malteng dalam mengelola sumber daya alam yang melimpah guna pertumbuhan ekonomi masyarakat. (SM-Fhais)

author