Pemkab Rencanakan Pembangunan Jamban Bagi Warga

Masohi,seputarmaluku.com- Kegiatan rutin membersihkan wilayah sungai melalui program “Kaliber” atau kali Besih sedianya akan ditindak.lanjuti dengan program pembangunan jamban bagi warga yang bermukim di wilayah bantaran sungai. Ini demi maksud menjamin terjaganya kebersihan sungai.

“Jadi, selain mengawal dan memastikan tidak ada lagi warga yang membuang sampah ke sungai, pemerintah juga memrogramkan pembuatan jamban bagi warga di bantaran sungai,” kata Sekkab Malteng, Rakib Sahubawa.

Soal eksekusi pembangunan jamban dimaksud, tentu akan dilakukan survey guna memastikan letak, jumlah dan kelayakan lokasi dan peruntukan.

“Intinya, pembangunan jamban dilakukan dengan semangat menjamin terpeliharanya kebersihan di kawasan bantaran sungai sekaligus membantu warga mewujudkan lingkungan yang sehat. Sebab, melalui ligkungan bersih, kesehatan¬† warga bisa terpelihara,” tukasnya.

Sekadar tahu, program “mewujudkan wilayah kota masohi yang bersih ini diprogramkan melalui kegiatan kerja bhakti masal ini dikenal dengan program “Lingkar Kaliber”.

Lingkungan Bersih dan Kali Bersih sendiri diluncurkan akhir Oktober 2017 dengan melibatkan semua elemen masyarakat. Mulai dari ormas, unsur ASN lingkup pemkab Malteng dan aparay TNI/Polri, semua dilibatkan dalam kegiatan ini.

Kegiatan dimaksud masih berlanjut hingga saat ini. Baik itu pembersihan lingkungan di wilayah Kota Masohi maupun pembersihan kawasan bantaran sungai.

Pembersihan lingkungan rutin dilakukan setiap Jumat dan Sabtu oleh segenap PNS sedangkan pembersihan bantaran sungai dimotori oleh ormas. (SM-01)

 

author