KPU Malteng Pastikan Pelipatan Surat Suara Berakhir Sabtu

Masohi, seputarmaluku.com– Sortir sekaligus pelipatan Surat Suara untuk Pemilihan Umum serentak tahun 2019 di Kabupaten Maluku Tengah, resmi mulai berlangsung, Sabtu (16/3). Diagendakan, pekan mendatang, sortir sekaligus pelipatan sudah tuntas dilakukan. Dengan demikian, jumlah surat suara bersih sudah dapat diketahui.

Dibuatkan berita acara untuk penggantian, sebelum distribusi ke Kecamatan-Kecamatan dilakukan.

“Hari ini, sortir dan pelipatan kertas suara dilakukan. Surat suara yang layak dan tidak layak akan dipisahkan. Dengan demikian, hingga target kerja (sortir dan pelipatan) tuntas dilakukan, jumlah surat sirat suara keseluruhan sudah bisa diketahui,” ikrar Ketua KPU Malteng Ridwan Tomagola kepada pers usai seremonial pembukaan sortir dan pelipatan Surat Suara, di GOR Masohi.

“Paling lambat, seminggu sebelum hari pencoblosan, surat suara sudah kita distribusikan ke wilayah-wilayah terpencil. Untuk Kota Masohi dan Kecamatan terdekat, distribusi ke kecamatan Kota Masohi baru akan dilakukan,” tukas Tomagola.

Menurut Tomagola, jumlah pemilih Malteng saat iNi terdata sebanyak 319.559 orang. Total jumlah kertas suara sah yang akan didistribuskan ke Kecamatan-kecamatan adalah akumulasi dari jumlah pemilih (DPT) ditambah dengan 5 persen untuk surat suara cadangan. “Jumlah surat suara sah harus berjumlah 319.555 lembar ditambah alokasi 5 persen untuk cadangan,” jelasnya.

Dengan berlangsungnya kegiatan disaat itu, maka tersisa fua fase lagi yang harus dialui yakni pemungutan dan penghitungan suara. Tomagola berharap, partisipasi masyarakat dalam pemilu nanti akan lebih baik dari partisipasi pada momentum yang sama lima tahun lalu.

“Kalau target pemerintah pusat sebanyak 77,5 persen, harapan kita, partisipasi pemilih di Kabupaten Maluku Tengah nanti bisa berada bisa lebih. Selain partisipasi masyarakat dari sisi penggunaan hak pilih, partisipasu dalam upaya mewujudkan pemilu yang aman, dan dan tanpa kekerasan,” tutup Tomagola. (SM-01)

author