Hari Ini Penerbangan Perdana ke Bandara Amahai

Masohi,seputarmaluku.com- Moda Transportasi Udara jenis Twin Otter/DHC-6-300 hari ini mendarat di Bandara Amahai. Adalah maskapai penerbangan Susi Air. Pesawat ini menjalani rute penerbangan Ambon- Banda -Amahai setiap awal pekan.

Demikian diungkapkan Kepala Bandara Amahai, Herry Sugianto kepada koran ini via selular, Sabtu (3/3).

“Hari senin, penerbangan perdana ke bandara Amahai. Dan, ini akan jadi jadwal rutin penerbangan ke Bandara Amahai yakni tiap Senin, pesawat mendarat di bandara Amahai,” tandasnya.

Kepastian ini memberi angin segar tentang upaya pemerintah Kabupaten Maluku Tengah memperpendek rentang kendali Kabupaten Maluku Tengah dengan wilayah lain di Maluku dan Indonesia dalam waktu dekat.

Salah satu upaya menuju itu adalah dengan mengupayakan penambahan panjang landasan pacu bandara Amahai dan, disisi lain, membuka akses kerja sama dengan penyedia layanan transportasi udara.

“Sementara baru melayani rute Amahai-Banda-Ambon PP saja dengan jadwal seminggu sekali. Rute Ambon-Banda – Amahaj artinya bahwa penumpang yang ingin ke banda atau langsung ke Ambon dilayani maskapai ini ,” tambah Hery.

Sekadar tahu, kementrian perhubungan  saat ini sedang mengupayakan penambahan panjang landasan pacu melalui koordinasi dengan kementrian perhubungan guna menjamin beroperasinya pesawat dengan kapasitas  penumpang yang lebih banyak.

Sebelumnya, bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua mengungkapkan bahwa upaya itu masih terua dilakukan melalui koordinasi dengan instansi teknis.

“Penambahan landasan pacu masih terus kita komunikasikan dengan kementrian perhubungan dengan harapan, kedepan, bandara Amahai bisa melayani rute penerbangan ke luar Maluku di tahun 2019 mendatang,” ujar bupati. (SM-01)

author