DPR Dukung Pengembangan Bandara Amahai

Masohi, seputarmaluku.com- Ketua DPRD Maluku Tengah Ibrahim Ruhunussa menyatakan dukungan penuhnya terhadap pengembangan Bandara Amahai sebagai bagian dari upaya mengembangkan daerah dan mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah.

“Kita mendukung. Bahkan melalui Komisi  IV, telah dilakukan sejumlah upaya serius kearah itu. Prinsipnya, kita (DPR) mendukun penuh pengembangan Bandara Amahai,” tandas Ruhunussa kepada pers di Balai Rakyat Malteng, Sabtu (24/3).

Pengembangan dimaksud termasuk didalamnya,  penambahan panjang landasan pacu bandara Amahai agar dapat menjamin meningkatnya kunjungan wisatawan ke Maluku Tengah. Dalam segi kualitas maupun kuantitas.

“Saat ini, tinggal keseriusan pemerintah dalam upaya menjamin percepatan pemberian rekomendasi untuk penambahan panjang landasan pacu bandara amahau saja,” sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Bandara Amahai, Herry Sugianto, mengungkapkan,  panjang landasan pacu bandara Amahai saat ini masih terbatas. Kondisi ini berdampak pada daya akses pengguna jasa transportasi udara serta dan jarak tempuh maskapai dari dan ke Bandara Amahai. jarak jlelajah  penerbangan.

“Secara faktual, panjang landasan  pacu bandara amahai adalah 1050 m, meski  baru 800 m yang terverifikasi. Masih dibutuhkan tambahan panjang landasan pacu  mencapai minimal 1400 m agar dapat menjamin masuknya maskapai yang lebih besar dengan kapasitas angkutan yang lebih banyak dan jangkauan penerbangan yang lebih luas,” tandas Sugianto.

“Dengan panjang landasan pacu 1050, bandara amahai hanya  mampu menjamin penerbangan untuk maskapai jenis ATR-42 sejenis Trigana Air dengan kapasitas 49 penumpang saja. Bila  landasan pacu mencapai  1400 maka maskapai yang bisa dilayani adalah jenis   ATR-72 untuk maskapai milik Garuda Airlines,” jelasnya (SM-01).

author