Bupati Yakin Kusta dan Frambusia dapat Dikendalikan

Masohi,seputarmaluku.com- Penyakit kusta dan Frambusia yang terseteksi di wilayah Provinsi Maluku, diduga kuat juga merupakan sumbangsih dari angka kasus yang ada di Kabupaten Maluku Tengah.

Berdasarkan persepsi ini, Kementrian kesehatan pekan kemarin menggelar kegiatan Advokasi dan intensifikasi penemuan kasus kusta dan frambusia melalui metoda kampanye eliminasi kusta dan frambusia.

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua sangat mengapresiasi terlaksanaya kegiatan dimaksud. Sebab, menurutnya, butuh keterlibatan semua pihak untuk mengoptimalkan target eliminasi kasus kusta dan frambusia di Kabupaten Maluku Tengah.

“Butuh kerja keras bersama untuk mewujudkan angka cacat pada kasus Kusta baru menjadi 1 per 1 juta penduduk pada tqhun 2020. Dan eradikasi frambusia di tahun 2020,” tandas bupati dalam sambutannya saat itu di hotel Lelemuku, Masohi.

Bupati menegaskan, semua elemen masyarakat berkewajiban bertanggung jawab mencegah dan mengendalikan kusta dan frambusia. Baik dengan cara mengupayakan penemuan kasus, pengobatan secara dini, melakukan pelayanan umum, maupun peningkatan kapasitas petugas kesehatan dalam pelaksanaan programnasional pengendalian kusta dan frambusia.

“Komitmen untuk menghasilkan kebijakan dan dukungan dalam merealisasi program pencgahan dan pengendalian penyakit kusta dan frambusia di daerah ini. Upaya mensosialisasikan penyakit ini kepada masyarakat harus terus dilakukan agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat,” serunya.

“Termaauk kepada dokter dan petugas kesehatan di daerah ini untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam mengenali dan mendiagnosis kusta dan frambusia. Diharapkan kedua penyakit ini lebih cepat dicegah dan dikendalikan,” tambahnya.

Konkritnya, perlu langkah terobosan, termasuk pemanfaatan jejaring kerja dan koordinasi serta memanfaatkan strategi sampai dengan teknis pelaksanaan oencegahan dan pengendalia secara maksimal.

“Melalui kesiapan, keseriusan dan dukungan semua pihak, pengendalian kusta dan frambusia di Kabupaten Maluku Tengah dapat terlaksana dengan lancar dan sukses. Dan, pada gilirannya, daerah ini tereliminasi dari kusta dan frambusia. Eradikasi kusta dan frambusia juga bisa diwujudkan,” tutup bupati (SM-01)

 

author