Bappeda Gelar Pelatihan Renstra bagi OPD

Masohi, seputarmaluku.com-Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Selasa (6/3)  menggelar kegiatan Pelatihan Penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) tahun 2017-2022 bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menjaga konsistensi perencanaan pembangunan di Pemerintahan Daerah, beberapa hal terkait dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Konkritnya, menyamakan pemahaman OPD terhadap penyusunan dokumen perencanaan.  Termasuk rencana kerja dan rencana strategis maupun jangka panjang OPD serta penyusunan dokumen perencanaan oleh masing-masing OPD.

Oelatihan dibuka secara resmi oleh Asisten II sekkab Malteng Bahrum Kalauw mewakili Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua di Gedung Maeoku Masohi.

Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II menegaskan tentang pentingnya kesamaan persepsi tentang perencanaan program antar OPD. Menurutnya, hal ini penting demi.mensinergikan program dan pelaksanaannya.

“Sebab realisasi program harus berdaya guna dan berhasil guna,” pesannya.

“Renstra perangkat daerah merupakan dasar tentang kemana daerah diarahkan pengembangannya, apa yang akan dicapai 5 tahun mendatang, bagaimana mencapainya, serta langkah strategis apa yang perlu dilakukan agar tujuan dimaksud bisa tercapai,” jelas bupati.

Disinggung pula tentang komitmen pemerinrah Kabuparen Maluku Tengah memajukan masyarakat dan daerah. Bahwa, berbagai program terobosan telah dilakukan dalam rangka pengembangan Maluku Tengah. Baik dalam kerangka tata keloa pemerintahan dan pelayanan publik, prnanghulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat, maupun peningkatan daya saing daerah.

Sehubungan dengan semangat diinhatkan agar visi, misi dan dan program terobosan oemerinrah daerah yang telah tertuang dalam RPJMD tahun 2017-2022 dapat diterjemahkan kedalam program pembangunan berdasarkan tugas dan fungsi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai kewenangan masing-masing.

“Semua OPD harus dapat menjabarkan vivi, misi dan program terobosan  secara tepat dan benar dalam Renstra perangkat daerah, sehingga Maluku Tengah yang lebi maju, sejahtera dan berkeadilan dalam semangat hidup orang basudara dapat tereujud,” pesan bupati. (SM-01)

author