April, program PATEN Diluncurkan

No comment 193 views

Masohi,seputarmaluku.com- Program pelayanan Administrasi Terpadu di Kecamatan (PATEN) ditargetkan sudah dilaksanakan. Saat itu semua jenis pelayanan administrasi sudah dilayani di tingkat Kecamatan. Masyarakat tidak perlu lagi membuang waktu dan tentunya biaya untuk sekadar mengurus keperluan administrasi ke Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah di Masohi.

Cukup dengan mendatangi kantor kecatan setempat, semua keperluan inistrasi dapat diatasi.

“Target Bapak Bupati, April depan, program PATEN sudah diluncurkan. Pelayanan administrasi sudah dialihkan dari instansi teknis ke Kecamatan. Dan, semua kebutuhan administrasi masyarakat sudah bisa dilayani oleh petugas di Kecamatan,” tandas Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Maluku Tengah Johanes Noya, usai rapat bersama pimpinan kecamatan se-Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (8/3).

“Rapat dengan para camat tadi, itu dalam rangka memastikan kesiapan pemerintah kecamatan menyukseskan program tersebut (Paten),” sambung Noya.

Dari hasil rapat dengan para Camat, dikatakan bahwa sebagian besar camat pada dasarnya sudah siap mengaktualisasikan program unggulan Bupati Maluku Tengah dimaksud (PATEN) di wilayah tugasnya.

Bahwa memang masih ada sejumlah kendala tapi dipastikan bahwa kendala yang ada dapat diatasi sebelum diluncurkan April nanti.

“Permasalahan yang dikemukakan para Camat hanya ketersediaan Sumber Daya Manusia dari segi kuantitas maupun kualitas dan ketersediaan sarana perumahan bagi para pegawai yang akan didistribusi ke Kecamatan-Kecamatan untuk memperlancar pelayanan kepada masyarakat. Ini menjadi catatan yang nantinya akan  kita disampaikan pada bapak bupati,” katanya.

Noya memastikan bahwa tidak  ada kendala berarti yang bisa menghalangi aktualisasi program PATEN dilapangan. Pasalnya bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua dalam komitmennya akan memberikan dukungan penuh terhadap program ini.

“Bupati sangat mengedepankan optimalisasi Pelayanan publik,” ucapnya.

“Keinginan besar bupati adalah semua kepentingan masyarakat harus dimudahkan. Bahkan, bupati bercita-cita pengurusan administasi dimasa akan datang dilakukan secara online. Artinya bahwa masyarakat bisa menginput data yang dibutuhkan secara online. Dan masyarakat ke kantor kecamatan hanya unruk mengambil dokumen yang sudah siap,” ungkap Noya.

dijelaskan, Program PATEN sejatinya adalah pelimpahan kewenangan pelayanan administrasi dari instansi teknis kepada pemerintah kecamatan.

Kewenangan dimaksud yakni kewenangan administrasi yang bersifat perijinan maupun non perijinan.

“Jadi semua pelayanan administrasi di semua instansi teknis. Mulai dari administrasi perijinan, rekomendasi, koordinasi, pembinaan, pengawasan, fasilitasi, penetapan, penyelenggaraan sampai dengan pengurusan PBB,” rincinya. (SM-01)

 

author