Program Kredit Nol Persen Diaplikasikan Pemkab Malteng Sejak 2016

Masohi,seputarmaluku.com- Program kredit dengan bunga Nol persen ternyata sudah digulirkan di Kabupaten Maluku Tengah sejak tahun 2016.

Tidak sedikit masyarakat yang sudah menikmati layanan yang digulirkan oleh pemkab malteng bekerja sama dengan lembaga perbankan ini.

“Program ini sudah digulirkan sejak tahun 2016,” tandas bupati.

“Mekanismenya, kreditur hanya mengembalikan modal dari pinjaman yang dilakukan. Jafi, bunga yang sejatinya menjadi tanggung jawab kreditur ditanggung oleh pemkab Malteng,” rinci bupati.

Program ini menurut bupati, memang digagas untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena itu, pemerintah rencananya akan meningkatkan jumlah kredit dari sebelumnya.

“Sebelumnya, jumlah kredit yang kita tetapkan adalah Rp. 25 juta.¬† Jumlahnya akan kita naikan menjadi Rp. 50 juta,” ungkap Tuasikal.

Bagaimana mekanisme kerja sama antara pemkab malteng dengan pihak perbankan, Tuasikal menjelaskan, pemerintah Kabupaten Maluku Tengah mensubsidi bunga kredit yang diambil oleh pihak kreditur kepada pihak bank. Namun, pemerintah tidak mengintervensi penilaian kelayakan calon keditur.

“Jadi, penilaian layak tidaknya seorang kreditur menerima pinjaman dari program yang ada, sepenuhnya merupakan kewenangan pihak¬† bank. Kita (pemerintah) kemudian akan mensubsidi bunga kredtur kepada pihak bank,” rinci Tuasikal (SM-01)

author