Penataan Kota Masohi Diarahkan ke Pasar Binaiya

Masohi,seputarmaluku.com- Setelah menata kawasan jalan protokol dan hampir seluruh kawasan di Kota Masohi, pemerintah Kabupaten Kota Masohi kini memusatkan perhatian pada penataan Pasar Binaiya.

Lokasi pasar yang terletak di tengah-tengah kota itu rencananya akan ditata demi mewujudkan kenyamanan dan ketertiban di lomasi pasar. Sekaligus memastikan bahwa keberadaan pasar di Binaiya tidak menimbulkan “polusi”.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Maluku Tengah, Katje Pattiasina mengatakan, dalam waktu dekat ini, penataan dan oenertiban pasar sudah dilakukan. Hal ini demi menjamin terpeliharanya kebersihan dan terjaminnya kenyamanan transaksi jual beli di lokasi pasar Binaiya.

Mwnurutnya, rencana penataan dan penertiban pedagang merupakan aktualisasi dari hasil rapat bersama instansi terkait dengan Sekkab Malteng Rakib Sahubawa.

“Pembangunan sedang giat-giatnya dilakukan di pusat Kota Masohi. Salah satu wilayah yang perlu ditata adalah kawasan pasar Binaya untuk menindak lanjuti masukan dari masyarakat. Paling lambat, besok eksekusi penataan pasar sudah dilakukan. Dan selanjutnya akan diikuti dengan penertiban pedagang agar berjualan pada lokasi-lokasi yang sudah disediakan,” ungkap Pattiasina, Selasa (6/2).

Dikatakan, penataan pasar Binaiya, sejatinya tidak sampai pada tahap penertiban pedagang agar tifak berjualan di bahu-bahu jalan semata. Karena penataan yang direncanakan adalah secara menyeluruh.

“Penataan akan diikuti dengan pembentukan tim terpadu untuk memastikan keamanan dan kenyamanan diokasinpasar Binaiya. Nanti akan ada tim yang mengawasi aktifitas jual-beli di pasar Binaiya. Ini dimaksudkan agar pedagang tidak kembali menjajakan dagangannya  di bahu-bahu jalan, namun tetap berada pada lokasi-lokasi yang sudah ditentukan. Ini dilakukan agar aktivitas jual beli tidak mengganggu arus lalu pedagang dan pembeli keluar masuk pasar dan masyarakat umum yang ingin menggunakan sarana.jalan di lomasi lasar Binaiya,” jelas Pattiasina.

“Tim terpadu ini berasal dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kantor Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, dan,  Satuan Polisi Pamong Praja. Jadi jadi dari segi kebersihan, arus lalu lintas jalan,  kenyamanan bertransaksi hingga persoalan keamanan di lokasi pasar binaiya akan diawasi,” terangnya.

Terhadap rencana ini, Pattiasina berharap, ada dukungan dan kerja sama dari pedagang pasar Binaiya.

“Tentu apa yang akan kita lakukan nantinya akan bermuara pada bagaimana meningkatkan kesejahteraan pedagang. Dengan melakukan penataan,  semua aspek dapat diwujudkan baik bagi pedagang maupun oembeli. Yakni, kebersihan, keamanan dan kenyamanan,” kuncinya. (SM-01)

author