Maret, Dua Armada Beroperasi Layani Penyeberangan Laut Masohi-Liang

Masohi,seputarmaluku.com- Dipastikan, Mei mendatang, pelayaran laut rute Pelabuhan Ina Marina (Masohi) – menuju Pelabuhan Hunimua (Liang) akan dilayani dua unit armada laut berupa Feri. Demikian diungkapkan Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua kepada media ini Senin (19/1). Dikatakan, penambahan armada kapa feri ini semata diupayakan untuk meningkatkan pelayanan transportasi laut bagi masyarakat Maluku Tengah.

“Saat ini, untuk melayani kebutuham transportasi laut guna memperpendek rentang kendali wilayah, sudah ada KPM Dolosi. Untuk mengoptimalkan pelayanan, komunikasi dengan pihak ASDP sudah dilakukan, dan telah disepakati beroperasinya feri yang baru pada bulan  Mei mendatang,” kata bupati

Menurutnya, tambahan armada untuk membuka akses dari dan ke kota Masohi Kabupaten Maluki Tengah sangat penting mengingat ketersediaan armada KPM Dolosi belum dapat memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat.

“Pengguna alat transportasi laut berupa feri menjadi alternatif yang sangat diminati warga. Akibatnya  jumlah penumpang meningkat drastis. Makanya kita koordinasikan penambahan armada kapal feri,” jelas Bupati.

Sekadar tahu, beroperasinya kapal Feri Dolosi dimulai sejak Desember 2017 lalu. Karena jarak tempuh yamg cumup jauh dari pelabuhan Hunimua menuju pelabuhan Ina Marina relatif jauh, KMP.Dolosi hanya mampu melayani satu trip perjalanan dari dua pelabihan berbeda itu.

Yakni, dari Pelabuhan Ina Marina pada pukul 08:00 wit  menuju pelabuhan Hunimua, dan dari Pelabuhan Hunimua menuju Pelabuan Ina Marina pada pukul 14.00 Wit.Masing-masing rute memiliki waktu tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan. (SM-01)

 

author