Camat Seram Utara Barat Canangkan Program Vaksinasi Covid -19

Seputarmaluku.com, Masohi.- Camat Seram Utara Barat, A.M. Tuankotta,SE melakukan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 bertempat di ruang rapat Puskesmas Perawatan Pasanea.

Pencanangan yang berlangsung Sabtu 6 Februari 2021 ini akan mengawali Vaksinasi Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Perawatan Pasanea, Kecamatan Seram Utara Barat, Kabupaten Maluku Tengah.

Kegiatan itu selain dihadiri Camat juga Kapolsek Pasanea, Iptu. Rido Nasihin,SH, Kepala Puskesmas Ny. Mima Letahit, S.Kep, Babinsa Penghubung Serka La. Jawara, Perwakilan jua Seram Utara Barat Fahmi, Bhabinkamtibmas Brig. Pol. Naswin, serta para bidan dan perawat.

Dalam sambutannya, Kepala Puskesmas Pasanea, Ny. Mima Letahit menyampaikan, dasar pelaksanaan Vaksinasi Covid -19 ini adalah Perpres nomor 99 tahun 2020, yang bertujuan untuk meningkatkan imun/kekebalan tubuh, menurunkan angka penyebaran Covid serta mencegah kematian.

Jumlah Vaksin yang diterima sesuai jatah sebanyak 98 dan disuntikkan kepada 53 petugas kesehatan dan akan dilakukan penyuntikan ulang pada hari ke 14, jelas Letahit.

Dikatakan, Vaksin Sinovac ini selain disuntikan kepada Tenaga Medis juga akan disuntikan kepada masyarakat usia 18 sampai 50 tahun.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Camat Seram Utara Barat, A.M. Tuankotta,SE menyampaikan, Pemerintah telah melaksanakan Pencangan Vaksinasi secara Nasional pada tanggal 13 Januari 2021 agar kegiatan Vaksinasi dapat ditindaklanjuti di masing-masing daerah dengan 3 kelompok yakni kelompok yakni Pejabat Publik Kabupaten ( Bupati dan Ketua OPD ), Para perawat, tenaga medis pada 18 Kecamatan di Kab.Malteng dan Para tokoh agama, pemuda.

Diharapkan kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari pihak POLRI dan TNI untuk mensukseskan program dari Pemerintah.

Camat juga meminta agar jangan membuat isu-isu Negatif terkait dengan Pendemi Covid khususnya di Kecamatan Seram Utara Barat.

Usai pencanangan, dilakukan vaksinasi kepada 17 tenaga medis di Puskesmas Pasanea melalui beberapa mekanisme/tahapan yakni tahap Verifikasi Verbal baru meliputi pemeriksaan tekanan darah dan riwayat penyakit.

Tahap pertama adalah tahap Pendaftaran ( dimana calon penerima Vaksin harus menunjukkan identitas atau nomor E-tiket Kemenkes RI yang dikirim lewat HP.

Tahap kedua adalah tahap Screening ( pada tahapan ini apakah penerima akan dilanjutkan ke Meja selanjutnya atau tidak ), dan tahap ketiga adalah Penyuntikan Vaksin Sinovac, tahap keempat adalah tahap Evaluasi/observasi selama 30 menit apakah ada gejala atau tidak.

author