2020 Quota PTSL Meningkat, Kantor Pertanahan Kota Ambon Target 14 Desa Kelurahan

Seputarmaluku.com, Ambon.- Kepala Kantor Pertanahann Kota Ambon, Adolf Aponno kepada media ini di ruang kerjanya mengatakan, quota Kantor Pertanahan Kota Ambon terkait program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020, target bidang tanah terukur yang outputnya peta bidang tanah sebanyak 6000 bidang, kemudian untuk sertipikat sebanyak 2800 dari quota yang ada.

Menurutnya, ada sebanyak 14 Desa-Kelurahan yang menjadi sasaran program PTSL tahun 2020 yakni, Desa Tawiri, Hative Besar, Wayame, Poka, Nania, Passo, Kelurahan Mangga Dua, Desa Urimessing, Kelurahan Kudamati, kelurahan Wainitu, Kelurahan Nusaniwe, serta beberapa desa di Leitimur Selatan, ditambah Desa Soya itu untuk mengakomodir sisa bidang tanah yang belum bersertipikat di lokasi Kayu Tiga.

“Quota yang didapat Kantah Kota Ambon tahun ini memang ada peningkatan yakni satu berbanding tiga. Dimana tahun 2019 untuk pengukuran quotanya sebesar 2000an sedangkan untuk sertipikat hanya 923,” jelas Aponno.

Dikatakan, sebelum melakukan pengukuran, biasanya tim dari Kantor Pertanahan akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat di lokasi yang menjadi sasaran program PTSL. Tujuan dari sosialisasi ini agar masyarakat memahami dan mengerti serta mengetahui syarat syarat apa saja yang mesti dipenuhi untuk memperoleh sertipikat.

“Untuk tahun 2020 ini, daerah daerah yang menjadi titik sasaran program PTSL telah disosialisasikan seperti di Desa Hative Besar, Tawiri, Wayame, Nania dan Poka. Setelah sosialisai ini akan diadakan pengukuran dan pendaftaran,” ungkapnya.

Dirinya berharap, untuk bidang bidang tanah yang sudah terukur agar masyarakat dapat melengkapi  data data yuridisnya berupa, surat alas hak maupun bukti pajak dan KTP serta Kartu Keluarga. SM03

author