Vokus Kembangkan Potensi Budaya dan Laut Banda

Masohi, seputarmaluku.com,- Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mengatakan Laut Banda memberikan kontribusi yang besar bagi produk perikanan di Maluku.

Tradisi dan budaya masyarakat pesisir juga merupakan potenasi parawisata yang dapat dikembangkan sebagai wisata bahari maupun wisata budaya.

Pemerintah daerah, kata bupati bertekat mengembangkan  potenai yang ada demi kemaslahatan masyarakat setempat.

“Baik dari segi regulasi maupun  kebijakan, potensi yang ada akan dikelola secara keberlanjutan. Termasuk mengawal agar kelestarian sumber daya hayati laut, estetika bawah Iaut dan pulau tetap terpelihara. Didalamnya juga tentang pengelolaan limbah ikan dan sampah plastik di Iaut. Keterlibatan  masyarakat dalam pengelolaan kawasan konserfasi perairan nasional juga menjadi isu-isu penting dan strategis untuk didiskusikan bersama antara Pemerintah pusat dan Pemerintah daerah, serta stakehotders lainnya,”tandasnya.

Strategi pengelolaan jangka panjang dimaksud dimulai dari  penguatan kelembagaan, penguatan pengelolaan sebagai sumber alam terumbu karang, ikan dan hidupan laut lainnya merupakan koridor panting migrasi mamalia taut.

“Sebab sumber daya ikan dan Iingkungannya mempunyai sensitifitas yang tinggi terhadap pengaruh iklim global maupun iklim musiman, serta aspek-aspek keterkaitan ekosistem antara wilayah perairan baik lokal, regional maupun global yang kemungkinan melewati batas-batas kedaulatan suatu Negara,” katanya.

Dikatakan, saat ini, kawasan Laut Banda telah ditetapkan sebagai Taman Wisata Perairan (TWP) oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, sesuai dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 69 Tahun 2009 dengan luas Iebih kurang 2.500 hektar, merupakan langkah bijak Pemerintah.

Kenapa ? Karena perairan Laut Banda, merupakan wilayah yang potensial bagi sumber keanekaragaman hayati Iaut dan ketahanan pangan yang menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dari gambaran itulah, sentil bupati masyarakatdan seluruh stakeholders harus menyadari pentingnya menjaga keleatarian potensi laut. Termasuk didalamnya, potensi adat dan bidaya masyarakat.

“Bahwa laut Banda ternyata sangat potensial. Bahkan, selama ini  berkontribusi besar terhadap produk Perikanan di Maluku,” tandasnya(SM-01).

 

 

author