PKK dan Disperindag Gelar Pembinaan Kemampuan Teknologi Industri

Masohi, seputarmaluku.com- Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian menggagas kegiatan Pembinaan Kemampuan Teknologi Industri. Bertempat di Pandopo Bupati Maluku Tengah, Kamis (18/1).

Berlangsung dibawah sorotan tema ” Maluku Tengah Berinovasi & Berprestasi Mewujudkan ONE VILLAGE ONE PRODUCT (OVOP) kegiatan yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu Leleury.

Kegiatan dilaksanakan bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada   (UGM). Ketua panitia pelaksana, Fadli Tuaryta mengatakan,  kegiatan yang dilangaungkan saat itu bertujuan untuk  merangsang pertumbuhan industri kecil yang kreatif dan inovatif, serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi pelaku usaha dan wirausaha baru.

“Diharapkan akhir dari kegiatan ini, muncul inovasi dan kreativitas masyarakat. Dan, target agarmasyarakat  Maluku Tengah dapat Berinovasi & Berprestasi serta Mewujudkan program ONE VILLAGE ONE PRODUCT (OVOP) dapat diwujudkan,” harap Tuarita.

Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu  Leleury dalam sambutannya  mengapresiasi serta menyambut positif kegiatan yang diinisiasi bersama oleh Disperi dag dan PKK.

Wabup berharap, kegiatan saat itu dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai sarana pembinaan terhadap para pelaku IKM di di Kabupaten Maluku Tengah.

“Semoga di waktu mendatang, masyarakat tiap negeri mampu menghasilkan produk yang punya daya saing. Baik dari segi kualitas maupun kuantitas,” harap wabup.

Dikatan,  harapan dimaksud  tidaklah berlebihan, mengingat Kabupaten Maluku Tengah memiliki  potensi sumber daya alam yang beragam dan melimpah.

Dan, diyakini bahwa Sumber Daya Alam yang ada dapat dikembangkan untuk mendorong penguatan pelaksanaan ekonomi kreatif.

Dan, pada gilirannya, dapat berkontribusi posirif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah

“Tentu, jika dikelola secara baik oleh tangan-tangan yang terampil dan kreatif, Sumber Daya Alam yang ada tentu dapat berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” Serunya.

Apalagi, dimatakan, saat ini, kebijakan pemerintah daerah maupun pempus mendukung semua provram yang dapat berimplikasi terhadap peningkata  kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

Kebijakan ekonomi pemerintah terus diarahkan pada upaya untuk semakin menggiatkan program-program Pemberdayaan masyarakat melalui penguatan sektor Industri Kecil dan menengah yang  merupakan basis ketahanan perekonomian Negara.

“DI tingkat  Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, ada program  pengembangan Sentra Industri Kecil dan Menengah IKM sebagai unit kecil kawasan pemusatan kegiatan IKM yang memiliki ciri tertentu,” akui Wabup

“Pemusatan sangat penting dan sesuai dengan target pemerintah daerah yang c agar setiap negeri dapat memiliki minimal satu produk unggulan berdasarkan potensi dan karakteristik dari masing-masing Negeri,” Kunci Wabup  (SM-01)

 

author