Optimis, Jumlah Kampung KB di Malteng Lampaui Target

Masohi, seputarmaluku.com- Realisasi program Kampung KB di Kabupaten Maluku Tengah pada tahun 2017 hampir mencapai target tetapan pemerintah Provinsi Maluku.

Target Pemerintah Provinsi hingga hanya sebanyak  20 Kampung KB namun realisasi di tahun 2017 saja sudah mencapai 19 Kampung KB.

“Pembentukan kampung KB sudah mencapai 19 Kampung KB yang tersebar di 18 Kecamatan. Program ini akan terus dioptimalkan di tahun 2018, dan itu artinya bahwa pembangunan kampung KB di Malteng akan melebihi target yang ditetapkan,” tandas Kepala BKBPP, La Harisa.

Kepad pers, Selasa (30/1) di ruang kerjanya, Harissa memastikan bahwa program Kampung KB masih akan terus didorong oleh BKBPP. Sebab, menurutnya,  program dimaksud sangat efektif mendorong pewujudan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua – Marlatu Leleury yakni, meningkatkan kualitas kesehatan, pendidikan  dan kesejahteraan masyarakat.

“Target kita, lebih banyak Desa dijadikan kampung KB di tahun 2018,” tandas Harissa.

“Sebab, upaya mewujudkan kualitas pendidikan dan kesehatan keluarga sangat dipengaruhi oleh jumlah anak. Konkritnya, pendapatan masyarakat  dapat diatur secara optimal untuk Membiayai kebutuhan pendidikan dan kesehatan keluarga bila jumlah penduduk (anak) bisa dikendalikan.  Pendapatan juga dapat  dikelola optimal untuk peningkatan kesejahteraan keluarga manakala jumlah anggota keluarga dapat di kendalikan,”rinci Harissa.

Harissa menjelaskan, Program  Kampung KB sejatinya merupakan program yang tidak sebatas pada pencanangan saja. Program dimaksud lebih dititik beratkan pada upaya pembinaan keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Program ini bersinergi dengan instansi lain dalam kaitannya dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui  keluarga,” tutup Harissa.(SM-01)

author