Kobi Dipastikan Jadi Kawasan Industri Pulau Seram

Masohi, Seputarmaluku.com,- Pemkab Malteng melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan tengah mematangkan program pembangunan Kawasan Industri di Kecamatan Seram Utara Timur Kobi.

Rencana beaarnya tengah digodok dan sudah memasuki persiapan master plan kawasan Industri di Kabupaten Malteng ini.

“Pengembangan kawasan Industri  direncanakan akan di bangun di Kecamatan Seram Utara Timur Kobi. Dengan luas lahan yang dibutuhkan adalah 50 hektar, yang berada dalam areal Kota Terpadu Mandiri (KTM),” tutur Kadis Perindustrian dan Perdagangan belum lama ini.

Dijelaskan, Master Plan  kawasan industri akan didorong untuk mengoptimalkan pengembangan wilayah industri. Dengan target,  semua sentra industri di daerah bisa fokus pada pengembangan sumber daya lokal yang produktif, kontributif, dengan daya saing yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat maupun pelaku industri.

“Master plan itu sebagai arah untuk dapat kita tidak lanjuti kegiatan-kegiatan industri apa saja yang bisa masuk dalam wilayah kawasan Industri itu,” jelasnya.

Sebelumnya, dalam rangka mewujudkan program dimaksud, telah digagas sejumlah kegiatan penguatan program. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Fokus Group Discusion (FGD) yang melibatkan sejumlah stakeholders terkait.

Kegiatan mana juga melibatkan jajaran Kementerian Perdagangan RI sebagai  fasilitator dalam rangka menyusun dokumen master plan,  menyiapkan tenaga ahli untuk menyusun dokumen master plan dibantu pemerintah daerah.

Kegiatan dimaksud juga dihadiri para Pimpinan SKPD terkait, Pengelola Pusat KTM Kobisonta, Pimpinan PT. Nusa Ina Group, PT. Wahana Lestari Investama, PDAM Malteng dan Pimpinan PT. PLN Persero Cabang Masohi. (SM-01)

 

author