Ketua KPU Malteng Lantik Dua PPK

No comment 201 views

Masohi, Seputarmaluku.com- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tengah Ridwan Tomagola, Kamis (10/1) melantik dan Pengambilan Sumpah penambahan dua orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Umum Tahun 2019. Pelantikan dilaksanakan merujuk pada putusan MK RI No 31/ PUU-XVI/2018 Tanggal 3 Juli 2018.

Ketua Bawaslu Maluku Tengah Rizal Sahupalla, Wakapolres Malteng Kompol Sulastri Sukidjang, pimpinan Partai Politik, dan anggota PPK se-Kecamatan Kota masoho dan sekitarnya hadir dalam pelantikan yang diselenggarakan di Aula Iklas Beramal Kantor Kementrian Agama Malteng pada Kamis (10/1/2019).

Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua mengapresiasi terlaksananya pelantikan saat itu, sebab pelantikan  merupakan bagian integral dan upaya konsolidasi yang sangat penting dan diperlukan dalam mensukseskan Pemilihan Umum Tahun 2019 mendatang agar dapat berlangsung dengan lancar, damai, aman, dan kondusif. Bupati optimis, penambahan dua orang anggola PPK akan makin memperkuat kinerja penyelenggara pemilu. Kepada para PPK yang baru dilantik, Bupati mengingatkan tentang peran dan tanggung jawab yang dipikul.

“Pastikan seluruh masyarakat yang telah memiliki hak pillh berdasarkan undang-undang dapat menyalurkan hak pohtiknya secara baik dan benar. Distribusikan logistik pemilu sampai ke negeri~negeri dan kelurahan tepat pada waktunya,” pesannya.

“Laksanakan tupoksi yang dimiliki secara baik dan benar. Kuasai dan patuhi ketentuan penyelenggaraan pemilu yang berlaku. Bersikap netral – jangan berafiliasi dengan partal politik maupun calon-calon tertentu,” timpalnya.

Dalam aplikasi kerja kedepan, PPK diingatkan untuk selalu berkoordinasi dengan KPU, Bawaslu dan Camat. Bersikap proaktif dan cepat dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Selain persoalan pelaksanaan secara teknis, faktor keamanan juga ditekankan bupati sebagai faktor sangat menentukan sukses pemilu. Terkait itu, Bupati meminta peran aktif seluruh elemen.

“Keamanan merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. Terkhusus, penyelenggara, parpol dan peserta pemilu ; Sajikan pendidikan politik yg baik bagi masyarakat. Jaga kondusifitas yg sdh terjalin. Kokohkan terus persatuan dna kesatuan,” pesannya. (SM-01)

author