Kawal Peningkatan Disiplin dan Kinerja PNS

Masohi,seputarmaluku.com- Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua – Marlatu Leleury terus mengawal perkembangan tingkat kedisiplinan PNS Maluku Tengah.

Ini dilakukan dengan memimpin apel tiap masuk kerja di jajaran Dinas, Badan dan Kantor lingkup Pemkab Malteng.

Bupati daan wabup pun selalu memeriksa absensi pegawai.

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mengatakan, langkah memimpin apel pagi memang merupakan upaya mendisiplinkan pegawai tentang jam masuk kantor.

“Jam pulang kantor juga kita awasi melalui apel siang yang. Dipimpin tiap kepala SKPD, Badan dan Kantor masing-masing. Kita juga memantau kehadiran PNS lewat Absensi yang tiap harinya didata oleh Petugas Satpol PP,” ungkap Tuasikal.

Langkah memimpin apel pagi PNS jajaran Pemkab Malteng, sejatinya, kata Tuasikal tidak sekadar sebagai upaya memantau perkembangan kedisplinan PNS, karena lebih dari itu, merupakan langkah  mengefektifkan program dan kegiatan pemkab Malteng yang berkaitan dengan PNS.

“Berbagai informasi tentang program dan kebijakan pemerintah terkait PNS  kita sampaikan. Dan sekaligus kita kawal realisassinya,” ujat Tuasikal.

“Salah satunya tentang efektifitas pelayanan publik. Kita ingatkan bahwa masyarakat dapat menilai tentang optimalisasi, pelayanan publik masing instansi dengan menyampaikan penilaiannya pada kotak penilain kinerja dan pelayanan publik yang disediakan,” urai bupati.

“Melalui apel pagi, semua hal yang bertujuan meningkatkan kinerja dan pelayanan  publik serta peraturan dan kebijakan pemerintah kita sosialisasikan. Tentu, disertai dengan ancaman sanksi yang akan dikenakan bagi pegawai yang tidak patuh,” kuncinya.

Sekadar tahu, pelayanan publik diliingkup pemkab Malteng sejak akhir 2017 lebih teratur. Fimana setiap tamu wajib memperoleh pelayanan optimal.

Mekanisme yang dipakai adalah, setiap tamu untuk instansi didata.

Publik  juga diberikan ruang untuk memberikan keluhannya terhadap pelayanan yang diberiikan tiap instansi.

“Jadi semua tamu bebas memberikan tanggapan atau penilaiannya terhadap pelayanan yang diterima. Tanggapan yang diberikan pun sifatnya rahasia karena hanya kunci kotak penilaian dan saran hanya. Dipegang oleh instansi yang ditunjuk Bupati,” ungkap pegawai sekretariat Badan Pengelolaan Keuangan Kabtupaten Maluku Tengah (SM-01)

author