Bank Mandiri Komitmen Dukung Program Kredit Nol Persen Pemkab Malteng

Masohi,seputarmaluku.com- Kantor Cabang Pembantu Bank Mandiri berkomitmen mendukung penuh  program pemerintah Kabupaten Maluku Tengah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Termasuk program kredit nol persen. Salah satu program unggulan pemkab malteng untuk meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat.

“Sudah merupakan komitmen kita untuk mendukung upaya peningkatkan perekomian masyarakat. Program kredit dengan bunga nol persen tentu juga akan kita dukung penuh,” ikrar Kepala Cabang Pembantu Bank Mandiri Masohi, Agustinus Wenno kepada pers disela-sela peresmian kantor KCP Mandiri Masohi, Jumat (26/1).

Wenno, menilai program kredit dengan bunga nol persen ini merupakan program terobosan baru. Program ini menurutnya sangat efektir dalam.membantu masyarakat menata dan meningkatkan perekonomianya.

Lebih dari itu, program dimaksud menurutnya mampu mendorong terciptanya iklim ekonomi yang kondusif di Maluku Tengah.

“Program ini pasti akan sangat efektif mendorong laju perekokomian masyarakat dan daerah,” katanya.

Untuk mewujudkan komitmen dimaksud, Wenno katakan, akan berkonsultasi langsung dengan instansi teknis terkait pemkab malteng untuk membahas mekanisme realisasi program ini. Dan, kita berkeinginan u tum segera dapat merealisasikannya,” katanya.

Ditempat yang sama, bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua mengatakan, program kredit di ngan bunga nol persen ini sudah terealisasi sejak 2016.

“Mekanisme kreditnya adalah, kreditur hanya mengembalikan modal dari pinjaman yang dilakukan. Sedangkan bunganya menjadi tanggung jawab pemerintah,” jelasnya.

Menurut bupati, program ini memang digagas untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan niat itulah, maka pemkab sedianya akan meningkatkan nilai kredit dari jumlah sebelumnya bisa diperoleh masyarakat.

“Sebelumnya, jumlah kredit yang kita tetapkan adalah Rp. 25 juta.  Jumlahnya akan kita naikan menjadi Rp. 50 juta,” ungkap Tuasikal.

Bagaimana mekanisme kerja sama antara pemkab malteng dengan pihak perbankan, Tuasikal menjelaskan, pemerintah Kabupaten Maluku Tengah mensubsidi bunga kredit yang diambil oleh pihak kreditur kepada pihak bank.

Namun, pemerintah tidak mengintervensi penilaian kelayakan calon keditur.

“Jadi, penilaian layak tidaknya seorang kreditur menerima pinjaman dari program yang ada, sepenuhnya merupakan kewenangan pihak  bank. Kita (pemerintah) kemudian akan mensubsidi bunga kredtur kepada pihak bank,” rinci Tuasikal (SM-01)

 

author